SEJARAH PEMBANGUNAN MASJID

Ide pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asyari muncul oleh Jokowi saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, tepatnya pada perayaan Idul Adha di Islamic Center, Jakarta Utara pada tahun 2012 dan dilanjutkan oleh Gubernur selanjutnya Basuki T. Purnama. Pendirian masjid raya ini merupakan wujud komitmen Pemerintah DKI maupun Pusat dalam mendukung pemenuhan hak beribadah warga negara. Pembangunannya merupakan kerja sama Pemprov didukung DPRD dan diselesaikan dalam tiga tahun. Peletakan batu pertamanya dilakukan Jokowi saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 26 September 2014. Masjid ini diresmikan langsung oleh Presiden RI Jokowi pada Sabtu, 15 Agustus 2017 didampingi, plt. Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Kemenag dan pengasuh Pesantran Tebu Ireng KH. Salahuddin Wahid.

DAYA TARIK MASJID

Masjid ini dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta seluas 2.4 hektar yang menghabisakan dana Rp.164 Miliar. Nuansa ornamen Betawi terlihat pada desain masjid ini. Konsep dari bangunan ini  mengambil desain rumah Bapang khas Betawi, atap bangunan berbentuk segitiga dan ornamen gigi balang. Bentuk bangunan membentuk huruf T. Bagian tengah khusus untuk ibadah, bagian sisi kanan kiri untuk kegiatan lainnya. Selain itu masjid ini dibangun dengan konsep 5 menara yang melambangkan rukun Islam. Adhi Moersid seorang arsitek Masjid ini menjelaskan bahwa masjid itu merupakan konsep dalam desain bangunan dengan karakteristik budaya Betawi. Sedangkan dengan desain atapnya bercirikan atap pelana dan limasan di rumah Betawi Bapang dan Joglo. Ada tiga konsep yang dipakai sebagai desain bangunan masjid. Ketiganya yakni konsep tropis yang membumi atau lekat dengan unsur kebudayaan lokal Betawi, serta konsep permaculture yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk meningkatkan ketahanan pangan yang ada di daerahnya.

Saat ini di areal Masjid KH. Hasyim Asy’ari sedang dalam tahap pembangungan taman atau kawasan hijau disekitaran Masjid.

Website : www.masjidraya-hasyimasyari.com

Instagram : @masjidrayahasyimasyari

GALERI MASJID

LOKASI MASJID

Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari. Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari terlekat di Jl. Daan Mogot KM 14,5 Pesakih, Rt.03/014, Duri Kosambi, kec. Cengkarang, Kota Jakarta Barat.

Posted in Jakarta Barat, Masjid, Masjid Populer, Masjid Unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *