SEJARAH PEMBANGUNAN MASJID

Adolf Heuken SJ, salah satu sejarahwan yang sudah meneliti semua masjid-masjid tua di Jakarta juga sudah menjelaskan bahwa Masjid Al-Anshor ini adalah masjid tertua yang berada di Jakarta, dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya.
Nama masjd ini diambil dari kata bahasa arab “Al-Anshor” atau secara harfiah berarti “Pendatang”, sangat cocok dengan asal usul masjid ini yang dibangun oleh para pendatang muslim yang berasal dari negara India pada tahun 1684,lahan tempat pembangunan masjidnya pun juga berasal dari tanah wakaf seorang muslim keturunan India yaitu oleh orang-orang Moor. Mereka merupakan kumpulan pedagang asal Gujarat dan Bengal. Masjid Al-Anshor ini berdiri di atas tanah wakaf dari Warga Negara India dengan bukti sertifikat nomor: M.166 tanggal 18-03-92 AIW/PPAIW: W3/011/c/4/1991 tanggal 8-5-1991.

DAYA TARIK MASJID

Masjid ini termasuk cagar budaya dan dilindungi pemerintah DKI Jakarta. Melewati rentang waktu lebih dari 3 abad, sulit bagi pengunjung mengenali masjid Al-Anshor secara fisik asli bangunan karena sudah terhimpit di antara hunian padat penduduk .Seiring waktu, masjid ini terus mengalami pemugaran, mulai dari dinding, tiang serta atap masjid. Bahkan, saat ini telah memiliki 2 lantai. Dengan tujuan, menambah kapasitas jamaah. Masjid ini kini terlihat lebih terlihat modern. Namun demikian, pengelola masih mempertahankan satu bagian asli dari bangunan masjid ini, kayu penyangga berjumlah 7 buah dengan panjang 7 meter.
Memasuki bulan ramadhan, masjid Al-Anshor juga kerap kebanjiran peziarah dari berbagai wilayah di Jakarta. Memang, selain masjid, di lingkungan masjid terdapat 2 makam sesepuh.
Selain makam, terdapat sumur tua peninggalan masjid Al-Anshor, letaknya berada di luar masjid, sumur ini sering digunakan untuk keperluan warga seperti, mencuci pakaian atau keperluan lain.

GALERI MASJID

LOKASI MASJID

Masjid Jami’ Tambora merupakan salah satu masjid tua dan bersejarah di wilayah DKI Jakarta, tepatnya berada di Jl. Tambora IV No.12 A, Rt08/03, Kel. Tambora, Kec. Tambora, Kota Administrasi Jakarta Barat.

Posted in Jakarta Barat, Masjid, Masjid Bersejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *