SEJARAH PEMBANGUNAN MASJID

Masjid megah yang terletak di kawasan utara beralamat di Jl. Kramat Rw. 19 Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Kota Jakarta Utara, Kode pos: 14260 tlp. 021- 441 3069 Fax. 4483 5349.

Masjid Raya Jakarta IslamicCentre  (JIC) dibangun pada ahir 2001 yang berdiri di atas tanah eks. Lokasi resosialisasi Kramat Tunggak, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tempat ini dahulunya merupakan tempat protitusi terbesar di Indonesia bahkan sampai terkenal di Asia Tenggara.

Gagasan awal muncul oleh Gubernur DKI Jakarta Bpk. H. Sutiyoso pada tanggal 18 April 2001 kepada Prof. Azyumardi Azra di New York Amerika Serikat di sela-sela kunjungannya ke PBB. Pada bulan Agustus mengadakan studi Komparasi ke Islamic Centre di Mesir, Iran, Inggris, dan Prancis. Masjid ini digunakan pertama kali untuk shalat Jum’at pada tanggal 6 September 2002 yang dihadiri Gubernur DKI Sutiyoso. Peresmian masjid ini sendiri dilaksanakan pada 4 September 2003 oleh gubernur DKI Sutiyoso. Untuk mengetahui sejarah JIC lebih mendetail

https://islamic-center.or.id/sejarah-berdirinya-jakarta-islamic-centre/

Masjid ini di bangun dengan biaya pemerintah daerah DKI dan diatas tanah Pemprov DKI Jakarta. Masjid ini memiliki luas 14.000 Meter persegi dengan daya tampung 20.680 jama’ah.

Jakarta Islamic Centre merupakan satu kompleks terpadu pengembangan Islam, terdiri dari masjid, gedung pendidikan dan latihan, serta kompleks bisnis yang meliputi hotel, convention hall, dan perkantoran. JIC juga memiliki Channel Radio yang bisa didengarkan secara streaming online di www.radio.islamic-center.or.id atau di Channel 107.7 FM.

Menurut arsiteknya, Ahmad Noe’man, bentuk bangunan masjid memanifestasikan sifat-sifat keperkasaan (Al-Jabbaru), kemegahan (Al-Muktabbiru), dan keindahan (Al- Lathiif). Keperkasaan terasa dari bangunan yang tinggi menjulang, kemegahan diinterpretasikan oleh bentangan kubah sepanjang 68 meter tanpa tiang-yang merupakan bentangan tanpa tiang terbesar se-Asia Tenggara- dan keindahan diperoleh dari visual keseluruhan bangunan.

DAYA TARIK MASJID

Banyak pengunjung yang berdatangan ke Masjid ini untuk menikmati Arsitekturnya yang indah, Kajian keagamaan yang rutin, mengadakan acara di Masjid tersebut, ada juga yang hanya sekedar bermain-main di halaman Masjid tersebut. Selain itu di areal Masjid JIC terdapat juga kantor-kantor seperti Kantor MUI Provinsi DKI Jakarta Utara dan Kantor Pimpinana Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta.

Untuk info lebih lanjut kunjungi website Masjid JIC https://islamic-center.or.id/

GALERI MASJID JIC

Posted in Jakarta Utara, Masjid, Masjid Populer, Masjid Unik and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *