Habib Husein bin Abdullah bin Abu Bakar Alaydrus

Habib Husein bin Abdullah bin Abu Bakar Alaydrus atau yang dikenal dengan nama Habib Husein luar batang. Ia berasal dari Hadhramaut, Yaman Selatan. Beliau hijrah meninggalkan tanah airnya ketika remaja, setelah mendapat restu dari sang Ibu. Semasa hidupnya beliau aktif menyebarkan agama islam, hingga akhirnya menetap di Sunda Kelapa yang saat ini berubah nama menjadi Jakarta.
Majelis pengajian serta surau habib Husein selalu ramai dikunjungi orang untuk belajar agama islam, hingga akhirnya surau itu menjadi sebuah masjid yang cukup besar. Hingga saat ini makam Habib Husein banyak dikunjungi karena jasa-jasa mulianya mengajarkan ajaran islam semasa hidupnya.

Waktu - Waktu Berziarah

Makam Keramat Luar Batang setiap hari memang selalu ramai dikunjungi. Terutama saat hari-hari besar seperti Maulid, Isra’ Mi’raj, penutupan ziarah dua minggu menjelang bulan puasa, malam 17 ramadhan. Haul Habib Husein sendiri rutin diadakan tiap tahun pada minggu akhir di bulan Syawal yang diprakasai oleh Habib Utsman bin Yahya yang waktu itu menjabat sebagai Mufti Betawi.

Lokasi Makam Habib Husein Luar Batang

Posted in Jakarta Utara, Ziarah and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *